Senin, 24 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Pebisnis wisata mulai genjot promosi via online

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Pebisnis wisata mulai genjot promosi via online
Jun 24th 2013, 13:12

Pebisnis wisata mulai genjot promosi via online

Nurul Arifin

Senin,  24 Juni 2013  −  20:12 WIB

Pebisnis wisata mulai genjot promosi via <i>online</i>

CEO PT Darmawisata Indonesia, Husin (kiri) saat launching website Pariwisata/Foto Nurul Arifin-Okezone

Sindonews.com - Penetrasi internet yang semakin tumbuh harus dimanfaatkan oleh para pegiat dunia pariwisata. Pasalnya, dengan promosi di jagad maya ini memilik akses yang tidak terbatas.

Lahan ini mulai digarap serius oleh para pebisnis pariwisata. Contohnya, PT Darmawisata Indonesai, salah satu pelaku bisnis perjalanan wisata. Untuk menyasar para Wisata mancanegara (Wisman) ini, CEO PT Darmawisata Indonesia, Husin, telah me-launching website.

"Website ini kami sediakan dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Ke depan akan kami lengkapi dengan bahasa Arab dan China. Karena kendala yang terjadi sejauh ini adalah bahasa. Dampaknya cukup besar, banyak wisatawan luar negeri yang tertarik untuk berkunjung di sini," kata Husain saat soft launching PT Darmawisata Indonesia, di Surabaya, Senin (24/6/2013).

Dengan sistim online ini, kata Husin, ada wisatawan dari Swedia yang ingin berwisata ke Walisongo. Padahal, wisatawan itu adalah non muslim. Tentunya hal itu menunjukkan betapa tingginya potensi wisata jika dikemas secara online.

Terkait persentase wisatawan yang melakukan transaksi di perusahaannya, dia mengatakan mencapai 50 persen untuk wisatawan mancanegara dan 50 persen wisatawan domestik.

"Memang saat ini masih seimbang, tetapi kami yakin kedepan akan lebih besar mancanegara, mungkin bisa mencapai 70 persen mancanegara dan hanya 30 persen domestik. Sebab potensinya memang cukup menjanjikan," terang Husin.

Dia menuturkan beberapa destinasi wisata yang cukup menarik bagi wisatawan asing adalah wisata alam, seperti rafting di Probolinggo atau wisata pegunungan, seperti Bromo. "Selain itu, wisata religi juga sangat menarik minat mereka," katanya.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa bisnis tour dan travel memang cukup menjanjikan, baik untuk wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik. Apalagi saat libur sekolah dan menjelang lebaran, hampir seluruh produk menjadi incaran pembeli. Di Darmawisata Indonesia, pada bulan-bulan ini transaksi mengalami lonjakan hingga 30 persen untuk seluruh produk, mulai dari penjualan tiket hingga penjualan paket wisata.

"Tahun ini, kami menargetkan bisa menggandeng sekitar 2.000 agen dan corporate. Sampai saat ini sudah mencapai 1.000 agen dan corporate yang sudah bergabung," tegasnya

Sementara, Sekjen Asosiasi Tour dan Travel Indonesia (Asita) Jatim, Nanik Sutaningtyas mengatakan, potensi wisata mancenagara, khususnya di wilayah ASEAN sangat besar. Selain karena ketertarikan mereka tinggi dan jarak yang cukup dekat, hal ini juga disebabkan karena ketersediaan penerbangan langsung dari Indonesia ke sejumlah negara di kawasan ASEAN.

"Apalagi Darmawisata Indonesia ini memiliki sumberdaya manusia dengan kreatifitas andal. Pastinya mereka mampu membidik pasar ini, salah satunya dengan website dan pameran yang kerap mereka adakan," katanya.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions